Lulusan Sastra Mau Kerja Apa?



Ini adalah artikel pertamaku. Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi informasi kepada kalian semua yang merasa galau karena menempuh pendidikan Sastra.

Banyak orang yang memandang ilmu sastra sebagai mata kuliah yang sepi peminatnya. Hal tersebut dikarenakan anggapan prospek kerja lulusan sastra sangat sempit.

Apakah kamu pernah mendapat teguran itu dari orang lain?

Aku pernah, dan itu sangat menyakitkan sekali. Orang itu bilang kalau aku nanti bakal sulit mencari kerja dan akan kalah dengan lulusan fakultas lain.

It's oke, aku tidak menjawab dan hanya diam saja. Tapi aku akan buktikan jika lulusan sastra juga bisa menjadi orang yang membanggakan.

Lebih dari itu, lulusan sastra juga pasti bisa hidup sejahtera dengan materi yang berkecukupan.

Sebenarnya ada banyak sekali prospek kerja lulusan sastra. Tidak hanya menjadi penulis buku, kita juga bisa menjadi penulis artikel atau copy writer.

Asal kamu tahu, saat ini kita hidup di era digital. Yang mana setiap usaha dituntut untuk memiliki website agar bisa menjaring pasar yang lebih luas.

Nah, untuk menjaring pasar tersebut diperlukan orang yang ahli dalam bahasa. Sebab bagaimanapun juga, kata-kata adalah salah satu cara yang bisa mengajak dan membujuk seseorang.

Maka dari itu, kemampuan berbahasa tidak kalah penting di era yang serba modern ini. Justru posisi kita itu penting karena menyangkut promosi yang sifatnya penentu dari kesuksesan sebuah bidang usaha.

Kalaupun mau jadi penulis, itu adalah profesi yang tak kalah menarik. Selain bisa terkenal mendadak, kita juga bisa menjadi seorang yang kaya raya.

Ada banyak contoh penulis yang kaya karena karyanya, sebut saja J.K Rowling. Dengan novelnya yang berjudul Harry Potter, dia bisa memiliki harta yang jumlahnya fantastis!

Maka dari itu, jangan pernah minder ataupun malu ketika kamu masuk kuliah di fakultas Sastra, ya!

Sumber: Sastrawacana

Komentar

Postingan Populer